PEER TEACHING " Rencana Pelaksaan Pembelajaran Fisika Arus Bolak-Balik (AC) "

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN FISIKA KELAS XII
TAHUN AJARAN 2018/2019




NAMA GURU        : RILA PRATIWI SASKIA WINADA
NIM                          : A1C315028





























SMA NEGERI 5 KOTA JAMBI
JANUARI, 2018


  RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Sekolah                       : SMA Negeri 5 Kota Jambi
Mata Pelajaran          : Fisika
Kelas/Semester          : XII/Ganjil    
Materi Pokok             : Rangkaian arus bolak-balik
Alokasi Waktu           : 1 JP x 45 menit

A.      KOMPETENSI INTI (KI)
KI 3 :     Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
KI 4 :     Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajari di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan

B.       KOMPETENSI DASAR (KD) DAN INDIKATOR
Kompetensi Dasar (KD)
3.5         Menganalisis rangkaian arus bolak-balik (AC) serta penerapannya
              Indikator
1.      Menjelaskan makna fisis tentang rangkaian arus bolak-balik (AC) dan pengukurannya

4.5         Mempresentasikan prinsip kerja penerapan rangkaian arus bolak-balik (AC) dalam kehidupan sehari-hari
              Indokator
1.      Melakukan percobaan rangkaian arus bolak-balik (AC) menggunakan aplikasi Phet dan mempresentasikannya

C.      TUJUAN PEMBELAJARAN
1.                       Setelah mengamati gambar tentang pembelajaran rangkaian arus bolak-balik (AC) yang diberikan, siswa kelas XII dapat menanyakan  tentang materi rangkaian arus bolak-balik (AC) yang akan dipelajari
2.                       Setelah melakukan kajian literatur tentang rangkaian arus bolak-balik (AC), siswa kelas XII dapat menjelaskan makna fisis dari rangkaian arus bolak-balik (AC) dan pengukurannya
3.                       Setelah proses kegiatan percobaan tentang rangkaian arus bolak-balik (AC), siswa kelas XII dapat terampil melakukan percobaan rangkaian arus bolak-balik (AC) menggunakan aplikasi Phet serta mempresentasikannya

D.      MATERI PELAJARAN
Arus bolak-balik
(AC/alternating current) adalah arus listrik di mana besarnya dan arahnya arus berubah-ubah secara bolak-balik. Berbeda dengan arus searah di mana arah arus yang mengalir tidak berubah-ubah dengan waktu. Bentuk gelombang dari listrik arus bolak-balik biasanya berbentuk gelombang sinusoida, karena ini yang memungkinkan pengaliran energi yang paling efisien. Namun dalam aplikasi-aplikasi spesifik yang lain, bentuk gelombang lain pun dapat digunakan, misalnya bentuk gelombang segitiga (triangular wave) atau bentuk gelombang segi empat (square wave).
Arus bolak-balik biasanya dimanfaatkan untuk peralatan elektronik. Sumber arus bolak-balik prisnip kerjanya yaitu terjadi perputaran kumparan dengan kecepatan sudut tertentu yang berada dalam medan magnetik. Jenis-jenis rangkaian AC adalah rangkaian resistor, rangkaian induktor, dan rangkaian kapasitor.
Secara umum, listrik bolak-balik berarti penyaluran listrik dari sumbernya (misalnya PLN) ke kantor-kantor atau rumah-rumah penduduk. Namun ada pula contoh lain seperti sinyal-sinyal radio atau audio yang disalurkan melalui kabel, yang juga merupakan listrik arus bolak-balik. Di dalam aplikasi-aplikasi ini, tujuan utama yang paling penting adalah pengambilan informasi yang termodulasi atau terkode di dalam sinyal arus bolak-balik tersebut.


Alat Ukur
Arus dan tegangan listrik bolak-balik masing-masing dapat diukur menggunakan amperemeter dan voltmeter AC. Amperemeter dan voltmeter AC hanya mengukur nilai efektifnya. Sebagai contoh, jarum amperemeter AC menunjukkan angka 20 A. Ini berarti, arus efektifnya 20A atau maksimumnya 20√2 A. Demikian pula, ketika jarum voltmeter AC menunjukkan angka 220 V, berarti tegangan efektifnya 220 V atau tegangan maksimumnya 220√2 V.
Selain amperemeter AC dan voltmeter AC, arus dan tegangan listrik bolak-balik dapat diukur menggunakan osiloskop (Gambar 5-18), dimana memperlihatkan sebuah osiloskop ketika digunakan untuk mengukur arus atau tegangan bolak-balik. Layar osiloskop akan memperlihatkan tampilan gelombang arus atau tegangan.
             










Resistor, Induktor, dan Kapasitor dalam Rangkain Arus Bolak-balik
Resistor, induktor, dan kapasitor dapat dirangkai dengan generator AC (sumber tegangan). Simbol masing-masing komponen dalam rangkaian listrik AC diperlihatkan pada Gambar 5.19.













Resistor dalam Rangkaian AC
Ketika sebuah resistor dihubungkan dengan sumber tegangan (generator) bolak-balik, seperti diperlihatkan pada Gambar 5.20, arus listrik akan mengalir melalui resistor. Tegangan pada resistor sama dengan tegangan sumber, yaitu :
                                                                        (5.29)



Gambar 5.20. Rangkaian resistor dan sumber tegangan AC

Induktor dalam Rangkaian AC
Ketika induktor yang dihubungkan ke sumber tegangan AC, seperti diperlihatkan pada Gambar 5.21. Arus yang mengalir pada induktor akan menimbulkan GGL induktor pada induktor yang berlawanan dengan sumbernya, diperoleh bahwa tegangan pada induktor dengan tegangan sumber, yakni :
                                                                        (5.31)





Gambar 5.21. Rangkain induktor dan sumber tegangan AC

Kapasitor dalam Rangkaian AC
Ketika kapasitor dihubungkan dengan sumber tegangan AC, diperlihatkan pada Gambar 5.22. Tegangan pada kapasitor sama dengan sumber tegangan sumber, yakni :
                                                                                                                                                            (5.34)



 

                                               

Gambar 5.22. Rangkaian kapasitor dan sumber tegangan AC

Rangakain AC RLS Seri
Dalam praktiknya, resistor (R), induktor (L), dan kapasitor (C) dapat dirangkai seri, paralel, atau gabungan keduanya. Akan tetapi, pembahasan difokuskan pada rangkaian RLC seri. Gambar 5.23 memperlihatkan rangkaian RLC seri dan dihubungkan dengan sumber tegangan AC

Arus listrik pada setiap komponen adalah sama ( Ir = Il = Ic ). Oleh karena itu, dianggap arus listrik ada rangkaian memenuhi persamaan
                                                                                                                        (5.37)

Secara umum, tegangannya dinyatakan oleh
                                                                        (5.38)

Misalnya, pada setiap tegangan komponen adalah Vr’ Vl’ dan Vc’ berturut-turut untuk tegangan pada resistor, induktor, dan kapasitor, sedangkan tegangan sumbernya V. Berbeda dengan rangkaian arus searah, pada rangkaian AC seri tidak berlaku penjumlahan tegangan seperti biasa atau V tidak sama dengan Vr +Vl + Vc maka digunakan bantuan fasor.




























E.       METODE PEMBELAJARAN
Model                   : Inkuiri Terbimbing
Metode                 : Ceramah, Diskusi, Tanya jawab, Percobaan, Presentasi
Pendekatan          : Saintifik

F.       MEDIA DAN SUMBER BELAJAR
Media yang digunakan    :           
Proyektor, dan Laptop dengan aplikasi Phet

Sumber belajar                 :           
 Aip Saripudin dan Dede Rustiawan K. 2009.   Fisika : Praktis Belajar Fisika untuk kelas XII. Jakarta : Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional

G.      LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
Rincian Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan

*        Guru mengucapkan salam dan menanyakan kabar
*        Guru meminta salah satu siswa membuka dengan do’a dan melakukan absensi
*        Guru melakukan apersepsi
*        Guru menyampaikan tujuan pembelajaran




8 menit
Inti

*        Mengamati
·      Peserta didik menyimak/mengamati tampilan gambar yang ditampilkan menggunakan media laptop
*        Menanya
·      Berdasarkan gambar yang ditampilkan maka siswa dibimbing untuk bertanya mengenai apa yang dimaksud dengan gambar tersebut
*        Mengumpulkan Informasi
·      Peserta didik mengumpulkan informasi dari beberapa pertanyaan tadi melalui penjelasan kajian literatur oleh guru
·      Peserta didik dibagi menjadi beberapa kelompok yang beranggotakan 4-5 orang untuk melakukan percobaan


















30 menit

Rincian Kegiatan
Alokasi Waktu
·      Peserta didik melakukan percobaan mengenai rangkaian arus bolak-balik resistor murni menggunakan aplikasi Phet
·      Guru melakukan observasi penilaian kerjasama kelompok
*        Mengasosiasi
·      Peserta didik menelaah, menganalisis, dan mendiskusikan data hasil percobaan mengenai rangkaian arus bolak-balik (AC)
·      Peserta didik menyelesaikan soal yang ada pada LKS
*        Mengkomunikasikan
·      Peserta didik membuat laporan, dan merencanakan presentasi laporan
·      Peserta didik mempresentasikan hasil kerja kelompok berupa laporan yang diperoleh didepan kelas
·      Guru melakukan observasi penilaian keterampilan kinerja presentasi











Penutup

*        Guru meminta salah satu siswa untuk merangkum materi pelajaran
*        Guru memberikan PR (terlampir) kepada peserta didik
*        Guru mengingatkan peserta didik untuk mempelajari materi selanjutnya
*        Guru mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan memberikan pesan untuk tetap belajar dan meningkatkan sikap yang baik dirumah dan berdoa untuk mengucap syukur atas berakhirnya pembelajaran





7 menit








H.      PENILAIAN
PENILAIAN KOGNITIF
PEKERJAAN RUMAH

Mata Pelajaran                                  :Fisika
Kelas/Semester/Tahun Ajaran         : XII/1/2018-2019
Sub Materi                                         : Rangkaian Arus Bolak-Balik

No
Nama Siswa
Tugas
Skor
Nilai
1
2
3
4
5


1








2








3








4








5








6








7








8








9








10








11








12








13








14








15








16








17








18








19








20








21








22








23








24








25









Keterangan:
a.       Nilai =



PENILAIAN SIKAP
(OBSERVASI)

Mata Pelajaran                                  : Fisika
Kelas/Semester/Tahun Ajaran         : XII/1/2018-2019
Sub Materi                                         : Rangkaian Arus Bolak-Balik


No

Nama Siswa
Skor untuk Sikap

Skor

Nilai

Pred
RIT
Aktif
Tanggung Jawab
Jujur
Kerja Sama
1









2









3









4









5









6









7









8









9









10









11









12









13









14









15









16









17









18









19









20









21









22









23









24









25













Rubrik Penilaian Sikap
Aspek
Skor
Indikator
Rasa ingin tahu
4
Selalu bertanya dan mengeksplorasi informasi dari berbagai sumber.
3
Sering bertanya dan mengeksplorasi informasi dari berbagai sumber.
2
Kadang-kadang bertanya dan mengeksplorasi informasi dari berbagai sumber.
1
Tidak pernah bertanya dan mengeksplorasi informasi dari berbagai sumber
Aktif
4
Selalu aktif dalam kegiatan pembelajaran
3
Sering aktif dalam kegiatan pembelajaran
2
Kadang-kadang aktif dalam kegiatan pembelajaran
1
Tidak pernah aktif dalam kegiatan pembelajaran
Bekerja sama
4
Selalu bekerjasama dengan teman kelompok
3
Sering bekerjasama dengan teman kelompok
2
Kadang-kadang bekerja sama dengan teman kelompok.
1
Tidak pernah bekerja sama dengan teman kelompok
Jujur
4
Selalu berusaha maksimal dalam mengerjakan tugas tanpa mencontek orang lain
3
Sering berusaha maksimal dalam mengerjakan tugas tanpa mencontek orang lain
2
Kadang-kadang berusaha maksimal dalam mengerjakan tugas tanpa mencontek orang lain
1
Tidak pernah berusaha maksimal dalam mengerjakan tugas tanpa mencontek orang lain
Tanggung jawab
4
Selalu bertanggungjawab atas tugas yang diberikan
3
Sering bertanggungjawab atas tugas yang diberikan
2
Kadang-kadang bertanggungjawab atas tugas yang diberikan
1
Tidak pernah bertanggungjawab atas tugas yang diberikan
Keterangan:
1.      Skor maksimal = 45  = 20
2.      Nilai                            =
3.      Nilai sikap dikualifikasikan dengan predikat sebagai berikut:
SB       = Sangat Baik             = 80-100
B         = Baik                         = 70-79
C         = Cukup                      = 60-69
K         = Kurang                     = < 60


PENILAIAN PSIKOMOTORIK
(OBSERVASI)

Nama Siswa                                       :
Nomor Absen                                                :
Mata Pelajaran                                  : Fisika
Kelas/Semester/Tahun Ajaran         : XII/1/2017-2018
Sub Materi                                         : Rangkaian Arus Bolak-Balik

No
Aspek yang dinilai
Skor
Total skor
Pred
1
2
3
1
Menyediakan media yang akan digunakan





2
Menggunakan media sesuai petunjuk



3
Mengambil data dalam percobaan secara teliti



4
Menyajikan hasil percobaan data pada table dengan benar




5
Mengolah data berdasarkan hasil percobaan



6
Membuat kesimpulan terhadap hasil percobaan yang telah dilakukan dengan benar



7
Mempresentasikan hasil percobaan kelompok dengan baik dan benar



                                   














Rubrik Penilaian Psikomotorik

No
Aspek  yang  dinilai
Skor maks
Indikator
1
Menyediakan media yang akan digunakan
3
Menyediakan media yang akan digunakan dengan baik dan benar
2
Kadang-kadang menyediakan media yang akan digunakan dengan baik dan benar
1
Tidak menyediakan media yang akan digunakan dengan baik dan benar
2
Menggunakan media sesuai petunjuk
3
Menggunakan media sesuai petunjuk dengan benar
2
Kadang-kadang menggunakan media sesuai petunjuk dengan benar
1
Tidak menggunakan media sesuai petunjuk dengan benar
3
Mengambil data dalam percobaan secara teliti
3
Mengambil data dalam percobaan secara teliti
2
Kadang-kadang mengambil data dalam percobaan secara teliti
1
Tidak pernah mengambil data dalam percobaan secara teliti
4
Menyajikan hasil percobaan data pada table dengan benar

3
Menyajikan hasil percobaan data pada table dengan benar
2
Kadang-kadang menyajikan hasil percobaan data pada table dengan benar
1
Tidak pernah menyajikan percobaan data pada table dengan benar
5
Mengolah data berdasarkan hasil percobaan
3
Mengolah data berdasarkan hasil percobaan dengan benar
2
Kadang-kadang mengolah data berdasarkan hasil percobaan dengan benar
1
Tidak pernah mengolah data berdasarkan hasil percobaan dengan benar
6
Membuat kesimpulan terhadap hasil percobaan yang telah dilakukan dengan benar
3
Membuat kesimpulan terhadap hasil percobaan yang telah dilakukan dengan benar
2
Kadang-kadang membuat kesimpulan terhadap hasil percobaan yang telah dilakukan dengan benar
1
Tidak pernah membuat kesimpulan terhadap hasil percobaan yang telah dilakukan dengan benar
7
Mempresentasikan hasil percobaan kelompok dengan baik dan benar
3
Mempresentasikan hasil percobaan kelompok dengan baik dan benar
2
Kadang-kadang mempresentasikan hasil percobaan kelompok dengan baik dan benar
1
Tidak mempresentasikan hasil percobaan kelompok dengan baik dan benar
Jumlah skor



Keterangan :
a.       Nilai =
b.      Nilai keterampilan dikualifikasikan menjadi peredikat sebagai berikut
SB       = Sangat Baik             = 80-100
B          = Baik                         = 70-79
C          = Cukup                      = 60-69
K         = Kurang                     = < 60




Jambi,              Januari 2018
 
 




Guru Bidang Studi




Rila Pratiwi Saskia Winada
NIM. A1C315028




 

Mengetahui
Kepala Sekolah




..............................................
NIP.
 
                                                                            
















LEMBAR KERJA SISWA 1
PERCOBAAN KELOMPOK
Mata Pelajaran  : Fisika
Kelas                   : XII
Materi                 : Rangkaian Arus Bolak-Balik

Petunjuk!
1.      Peserta didik melakukan percobaan virtual
2.      Peserta didik menganalisis data hasil percobaan bersama kelompoknya
3.      Terakhir, peserta didik mempresentasikan hasil analisis data percobaan

Anggota Kelompok:
1.      ....
2.      ....
3.      ....
4.      ....
5.      ....

Alat dan Bahan:
1.      Laptop yang terinstal aplikasi Phet

Prosedur Kerja:
1.      Aktifkan program PhET
2.       Buatlah rangkaian arus bolak-balik yaitu R murni  sesuai dengan gambar





3.      Ambilah grafik arus untuk melihat bagaimana grafik yang tergambar dan gambar grafiknya pada tabel pengamatan
4.      Ulangi langkah 2 itu dengan mengubah jumlah resistornya sebanyak 1, 2, dan 3 kemudian gambar grafik arusnya pada tabel pengamatan

Tabel Pengamatan:

Jumlah Resistor
Grafik







Jumlah Resistor
Grafik















Kesimpulan:
































PEKERJAAN RUMAH
PR
Mata Pelajaran  : Fisika
Kelas                   : XII
Materi                 : Rangkaian Arus Bolak-Balik

Petunjuk
Tuliskan jawabanmu pada kertas double polio, sertakan urutan pemerolehan jawaban.

Soal
1.      Jelaskan pengertian rangkaian arus bolak-balik ! (Skor 15)
2.      Sebutkan berbagai simbol yang digunakan pada rangkaian arus bolak-balik ! (Skor 15)
3.      Sebutkan dan jelaskan jenis-jenis rangkaian arus bolak-balik ! (Skor 20)
4.      Arus bolak-balik mengalir pada penghantar memenuhi persaman i = 20 sin 100 πt dengan i dalam ampere dan t dalam sekon, Tentukan ! (Skor 25)
a.       Arus maksimum,
b.      Arus efektif,
c.       Arus rata-rata, dan
d.      Frekuensi
5.      Tegangan yang terukur pada resirtor, induktor, dan kapasitor pada rangkaian AC RLC seri berturut-turut adalah 20 V, 30 V, dan 50 V. Arus listruk yang mengalir pada rangkaian tersebut adalah 2,5 A. Tentukan !
a.       Faktor daya, dan
b.      Daya yang diserap rangkaian  (Skor 25)
















Solusi  Pekerjaan Rumah (PR)

1.      (AC/alternating current) adalah arus listrik di mana besarnya dan arahnya arus berubah-ubah secara bolak-balik. Bentuk gelombang dari listrik arus bolak-balik biasanya berbentuk gelombang sinusoida, karena ini yang memungkinkan pengaliran energi yang paling efisien. Namun dalam aplikasi-aplikasi spesifik yang lain, bentuk gelombang lain pun dapat digunakan, misalnya bentuk gelombang segitiga (triangular wave) atau bentuk gelombang segi empat (square wave).

2.      Ada 4 simbol yang pada rangkaian arus bolak-balik, antara lain:
Generator yang berarti sumber tegangan pada rangakain arus bolak-balik

Resistor salah satu komponen pada rangkaian arus bolak-balik

Induktor salah satu komponen pada rangkaian arus bolak-balik

Kapasitor salah satu komponen pada rangkaian arus bolak-balik


3.      Ada 4 jenis rangkaian arus bolak-balik antara lain :
a.       Rangkaian resistor murni berarti ketika sebuah resistor dihubungkan dengan sumber tegangan bolak-balik maka arus listrik akan mengalir melalui resistor, maka tegangan pada resistor sama dengan tegangan sumber
b.      Rangkaian induktor murni berarti ketika induktor dihubungkan pada sumber tegangan bolak-balik maka arus listrik yang mengalir akan menimbulkan GGL induktor pada induktor yang berlawanan dengan sumbernya
c.       Rangkaian kaffepasitor murni berarti ketika kapasitor dihubungkan dengan sumber tegangan bolak-balaik, maka tegangan kapasitor akan sama dengan sumber tegangan
d.      Rangkaian RLC dalam praktiknya, resistor (R), induktor (L), dan kapasitor (C) dapat dirangkai seri, paralel, atau gabungan keduanya pada suatu rangkaian bolak-balik

4.      Penyelesaian :
a.         Bandingkan persamaan i = 20 sin 100πt dan i = Im sin ωt maka arus maksimumnya adalah Im = 20 A
b.         Arus efektif
Ief = Im/√2 = 20A/√2 = 10√2
c.                   Arus rata-rata
I = 2Im/π = (2)(20A)/π = 40/πA
d.        Hasil perbandingan pada (a) juga diperoleh ω = 100 π rad/s maka frekuensi f = ω/2π = 100π/2π = 50 Hz

5.      Dik : Vr = 20V, Vl = 30V, Vc = 50V, dan I = 2,5A.
Tegangan total rangkaian adalah :
20√2 V
a.         Faktor daya
Pf = cos  = Vr/V = 20V/20√2V = ½ √2
b.         Daya yang diserap
P = VI cos  = (20√2V).(2,5A)(1/2 √2) = 50 W


Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

LAPORAN PRAKTIKUM ELDAS

OSILATOR HARMONIK